AS menyita situs web yang digunakan oleh outlet berita Iran

AS menyita situs web yang digunakan oleh outlet berita Iran


WASHINGTON: AS pada Selasa menyita puluhan situs web yang digunakan oleh outlet berita Iran untuk “pelanggaran sanksi.”
“Hari ini, berdasarkan perintah pengadilan, Amerika Serikat menyita 33 situs web yang digunakan oleh Persatuan Radio dan Televisi Islam Iran (IRTVU) dan tiga situs web yang dioperasikan oleh Kata’ib Hizbullah (KH), yang melanggar sanksi AS,” kata Departemen Kehakiman. dalam sebuah pernyataan.
Pernyataan itu mengatakan bahwa baik IRTVU dan KH, sebuah kelompok milisi Syiah yang beroperasi di Irak, telah ditunjuk oleh pemerintah AS dan dilarang memperoleh layanan situs web dan domain di AS tanpa izin, kantor berita Xinhua melaporkan.
Situs web saluran berita milik negara Iran Press TV dan Al-Alam termasuk di antara yang diblokir, sementara keduanya berjalan lagi di kemudian hari dengan menggunakan domain Iran.
Langkah itu dilakukan satu hari setelah Presiden terpilih Iran Ebrahim Raisi mendesak AS untuk mencabut “semua sanksi yang tidak adil” terhadap Iran dan mengesampingkan pertemuan dengan Presiden Joe Biden.
Washington dan Teheran telah melakukan negosiasi tidak langsung di ibu kota Austria, Wina, sejak April yang bertujuan memulihkan kesepakatan nuklir Iran, yang secara resmi dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (JCPOA). Kedua belah pihak tetap terbagi atas masalah ini setelah enam putaran pembicaraan.
Pemerintah AS menarik diri dari JCPOA pada Mei 2018 dan secara sepihak memberlakukan kembali sanksi terhadap Iran. Sebagai tanggapan, Iran secara bertahap menangguhkan sebagian dari komitmen JCPOA-nya mulai Mei 2019.


Hongkong Pools