Taiwan akan menutup saluran berita taipan yang ramah terhadap China

Taiwan akan menutup saluran berita taipan yang ramah terhadap China


TAIPEI: Taiwan pada Rabu menolak memperbarui izin saluran berita yang secara luas dianggap pro-China, secara efektif menutupnya, mengutip bukti gangguan dari konglomerat yang ramah Beijing di tengah kekhawatiran kampanye China untuk memenangkan dukungan di pulau itu.
Penolakan permintaan CTi Cable ini merupakan kali pertama Taiwan menutup, padahal secara tidak langsung, stasiun berita televisi sejak regulator, National Communications Commission sudah dibentuk pada 2006.
Keputusan tersebut memicu kemarahan langsung dari CTi dan partai oposisi utama Taiwan, yang menyebutnya sebagai serangan terhadap kebebasan media.
Pemerintah Taiwan telah berulang kali mengatakan China telah meningkatkan upaya, termasuk kampanye media, untuk menyusup dan mendapatkan pengaruh di pulau demokratis itu, yang dianggap Beijing miliknya dan mengancam akan menggunakan kekerasan untuk mengendalikannya.
Kepala komisi Chen Yaw-shyang mengatakan keputusan penolakan itu bulat dan mengutip tuduhan campur tangan dalam independensi editorial CTi oleh pemegang saham utama Tsai Eng-meng, yang menjalankan salah satu perusahaan makanan terbesar di China, Want Want China Holdings Ltd.
“Adalah fakta bahwa pemegang saham terbesar mereka telah campur tangan secara langsung di meja berita CTi,” kata Chen.
CTi telah didenda karena beberapa pelanggaran seperti tidak memeriksa fakta dan membahayakan kepentingan publik, tambahnya.
“Pemerintah Tsai telah menutup CTi; kebebasan pers sudah mati!” CTi menulis di halaman Facebook-nya sebagai tanggapan, mengacu pada Presiden Tsai Ing-wen.
Saluran itu, yang berjanji untuk melawan keputusan di pengadilan, telah membantah mendukung China, mengatakan pemerintah berusaha untuk membungkam mereka yang tidak mendukung kebijakannya.
Chen mengatakan CTi menerima lebih dari 920 pengaduan tahun lalu, sekitar sepertiga dari total untuk semua saluran berita di Taiwan.
Namun, kata dia, tidak ada bukti CTi menerima dana dari pemerintah China.
Reuters tidak dapat segera menghubungi pemegang saham utama Tsai untuk meminta komentar, tetapi dia sebelumnya telah menolak tuduhan gangguan ruang baru.
Keluarga Tsai memiliki dua stasiun televisi dan beberapa surat kabar dan jaringan kabel di Taiwan.
Kuomintang, partai oposisi utama Taiwan, mengatakan pihaknya menentang keputusan itu, karena bisa menimbulkan “efek mengerikan, sangat memengaruhi kebebasan pers”.

Pengeluaran HK